Senin, 11 Juni 2012

Tanaman Aromatik | KAMBOJA BALI BERSANDING DENGAN GAZEBO KAYU KELAPA

Suasana alam Bali yang alami lengkap dengan iklimnya yang tropis, umumnya digemari oleh banyak orang. Pemakaian material-material alam seperti kayu, batu, atau tembikar, yang diekspos ke dalam taman ditambah dengan tanaman hijau menghasilkan rasa kedekatan dengan alam.

Karakter eksotis muncul dari keberadaan berbagai ornamen tradisional, dilengkapi oleh pencahayaan menawan khas taman Bali tropis yang terkesan "dramatis", elegan dan megah.

Konsep inilah yang menjadi ide awal dalam satu rencana pembangunan taman gaya Bali tropis diwujudkan dalam bentuk sebuah desain tropis modern yang megah dan berkesan "hangat".

Seluruh aspek desain tersebut terwujud dengan baik bila kombinasi semua unsur terjalin dengan alami. Warna-warna earth tone seperti cokelat, krem, dan abu-abu hadir pula mendominasi berbagai elemen bangunan seperti gazebo kayu kelapa. Dan yang lebih menawan pada saat bangunan gazebo dipadu dengan rindang dan anggunnya pohon kamboja, dengan warna lembut nan menawan, semakin melengkapi konsep ini.
 
Beberapa elemen lain yang perlu diperhatikan adalah:

Pemilihan tempat untuk Taman Bali
Area luar rumah yang dapat dilihat dari ruang tamu, bagian pintu masuk rumah, atau pavilion samping dapat menjadi pilihan untuk menciptakan taman Bali.

Tanaman Yang Sesuai untuk Taman Bali
Tanaman yang dipilih adalah tanaman gaya tropis seperti bamboo, palem, daun-daunan, Irish, Filodenron, Spatipilum, Adenium, Tricolor (mirip pohon kelapa), dll. Untuk membuat suasana teduh, dapat dipilih kamboja cendana atau kamboja jepun (adenium obesum). Kamboja ini adalah kamboja khas Bali. Tanaman lain yang dapat mendukung suasana pedesaan Bali adalah tanaman air tifa yang sekilas mirip tanaman padi, atau boleh juga tanaman akar wangi.

Hiasan atau Ornamen Dekoratif untuk Taman Bali
Ornamen yang dapat dipakai untuk taman Bali antara lain patung dari batu misalkan berbagai ornamen gaya bali a.l. patung Ganesha, patung Arjuna, dll, lampu taman dari batu , hiasan pintu atau gerbang, gentong yang bisa diisi dengan bunga lotus / teratai, payung upacara, furniture, ukiran di dinding taman, dll. Untuk taburan lantai taman dapat dipakai batu koral atau batu dekoratif lainnya agar tercipta harmoni dengan ornament patung. Batu candi dapat dipakai untuk menghubungkan teras dan taman.
Untuk orang Hindu pelinggih diletakkan di tempat yang paling baik. Pelinggih adalah tempat pemujaan bagi pemeluk Hindu. Untuk taman Bali ini, pelinggih boleh dipakai boleh tidak. Untuk memberi kesan alami, dipakai pagar semen aci tanpa cat.


Editor | Gazebo Kayu Kelapa | Tribute to | Tanaman Aromatik | Agro Gemilang |
Posted by: Agro Gemilang Gazebo Kayu Kelapa, Updated at: 19.31

Tidak ada komentar:

Posting Komentar